Rakyat Italia Buang Uang ke Jalanan karena Tak Berharga Lagi Akibat Covid-19? Ini Faktanya

Cek Fakta: Warga Buang Uang karena Tak Berguna di Tengah Pandemi ...


Penelusuran:
Setelah ditelusuri, klaim pada foto bahwa rakyat Italia membuang uang mereka karena tidak berharga lagi lantaran wabah covid-19 adalah salah. Foto tersebut adalah foto lama yang tidak ada kaitannya dengan rakyat Italia dan wabah covid-19.
 
Dilansir turbackhoax.id, foto yang memperlihatkan uang berhamburan di jalanan merupakan mata uang Venezuela yaitu Bolivar Fuerte yang dibuang karena dianggap sudah tidak berguna dan digantikan dengan mata uang baru yakni Bolivar Seberano.
 
Ditelusuri lebih lanjut, foto tersebut terdapat lembaran uang berwarna hijau yang jika ditelusuri dengan mesin pencari Google dengan kata kunci “50 Bolivar Fuerte Venezuela” akan muncul lembaran uang yang identik seperti unggahan akun Facebook Safie Fbr.
 
Hal yang sama dimuat situs pemeriksa fakta Snopes.com melalui artikel berjudul “Is this a Photograph of Worthless Money in the Gutters of Venezuela?”. Terdapat foto yang sama seperti yang diunggah akun Facebook Safie Fbr. Di bawah foto tersebut terdapat keterangan “This is a genuine photograph of worthless money dumped in the gutter of a Venezuelan street”. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Ini adalah foto asli dari uang tidak berharga yang dibuang di selokan jalan Venezuela”. Kini, semua uang kertas BolĂ­var Fuerte telah ditarik. Bank Bicentenario dijarah pada Maret 2019 ketika Bolivar Fuerte tidak berharga.
 

Komentar

Popular Posts

Di Luar Sana Mungkin Banyak yang Lebih Muda dan Cantik, Tapi yang Lebih Tulus Cuma Istrimu di Rumah

Bikin Hati Trenyuh, 6 Artis Ini Tak Malu Akui Kondisi Orangtuanya yang Sebenarnya

Viral Pengantin Wanita Asal Sulbar Meninggal Akibat Kelelahan Saat Resepsi, Sang Suami Menangis Pilu